Thursday, November 1, 2012

Cara mudah cek power supply

Posted on 5:52 AM by Unknown

Siang ini saya menerima PC yang mati total alias ga mau nyala sama sekali, tapi indikator powernya masih menyala, artinya listrik masih masuk. Awalnya saya coba cek dengan power supply yang lain, ternyata PC bisa hidup. Kemungkinan, sebab matinya PC tadi memang di power supply-nya. Tapi kok indikator powernya waktu pakai power supply yang pertama juga kok hidup? Jadi penasaran apa power supply-nya masih ok atau memang sudah benar-benar mati. Masalahnya, saya tidak punya power supply tester atau multi-tester. Tapi saya ingat ada cara sederhana untuk mengecek power supply. Ingin tau juga caranya?


Sebelumnya, sediakan klip kertas atau kabel kurang lebih 10cm yang dikupas masing2 ujungnya. Nah, sekarang akan kita mulai langkah-langkah cara mudah cek power supply:

1) Cabut kabel dari power supply ke soket listrik.
2) Cabut kabel dari power supply ke motherboard, hard disk, dvd-rom, dll.
3) Setelah anda pastikan tidak ada lagi listrik yang mengalir melalui power supply yang akan kita cek. Sambungkan pin yang terhubung dengan kabel warna hijau dan kabel warna hitam pada power supply dengan menggunakan klip kertas (kawat) atau kabel yang telah disiapkan tadi. Gambarannya seperti di bawah ini:

Credit: Studynotes
Tujuan memasang klip kertas atau kabel tadi intinya adalah untuk menyambungkan antara kabel hijau (green wire) dengan kabel hitam (black wire) melalui pin di depannya.
4) Pastikan bahwa yang anda sambungkan memang benar-benar pin kabel hijau dengan pin kabel hitam, karena apa yang anda lakukan melibatkan tegangan listrik yang bisa berbahaya untuk anda ataupun power supply itu sendiri. Setelah itu, colokkan lagi kabel dari power supply ke soket listrik.
Credit: Apevia

5) Perhatikan apakah kipas power supply berputar atau tidak. Jika berputar, artinya power supply sebetulnya masih hidup, tapi jika tidak, artinya power supply anda memang sudah mati dan harus diganti.

Ok, selesai sudah. Bagaimana, caranya mudah kan?

Kadang meski dengan cara di atas power supply masih hidup, tapi ketika kita sambungkan lagi ke motherboard, power supply tetap tidak bisa menghidupkan komputer. Ini artinya power supply anda sudah nge-drop, atau ada komponen lain yang mengakibatkan arus pendek dan membuat komputer tidak mau menyala. Lain kali mungkin akan kita bahas juga. Untuk sementara, tadi adalah cara mudah cek power supply yang bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan peralatan seadanya.

Semoga bermanfaat :)

1 Response to "Cara mudah cek power supply"

.
gravatar
Yusuf Says....

Good info, terima kasih. Silahkan mampir ya Ace Maxs obat herbal asam urat

Semoga tetap semangat,sehat dan sukses.

Leave A Reply